nusakini.com - Kementerian Pertanian RI menyediakan anggaran Rp5,5 triliun untuk pengadaan benih dan pupuk gratis dalam mendukung pengembangan hortikultura di seluruh Indonesia sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sehingga secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan Indonesia pada buah-buahan impor dan kelak dapat mencapai target swasembada buah.

“Perintah Bapak Presiden meminta kami memberikan benih dan pupuk gratis kepada petani buah di seluruh Indonesia, nilainya 5,5 triliun. Kita akan kita bagikan gratis kepada seluruh petani buah," kata Mentan Amran Sulaiman seraya membagikan buah lokal kepada warga DKI Jakarta yang berada di kawasan Car Free Day di Sarinah Thamrin pada Minggu (13/8/2017).

Target berikutnya dari pengembangan hortikultura adalah pemanfaatan lahan pasang surut yang luasnya sekitar 21 juta hektar, yang potensial 10 juta hektar. Kemudian lahan tadah hujan yang hanya tanam satu kali setiap tahun diupayakan menjadi tiga kali tanam dengan memanfaatkan air hujan atau rainwater harvesting system.

Menurutnya, untuk mendukung pencapaian tersebut, Kementan bekerja sama dengan Kementerian Desa, Transmigrasi dan Pembangunan Daerah Tertinggal untuk membangun 30.000 embung sehingga dapat mengairi empat juta hektar lahan pertanian.(p/ma)